BTC USD 62,619.5 Gold USD 1,778.97
Time now: Jun 1, 12:00 AM

10 manfaat jogging pagi yang berhasil

Jedi

CG Top Poster Club
Paid Membership
Joined
Feb 15, 2009
Messages
44,712
Reaction score
2,399
Points
201
Pagi ni saja nak kongsi bacaan dari sebuah laman web dari Indonesia..berkaitan kelebihan berjogging semoga dapat kongsi manfaatnya..

Jom jogging..

Jogging sering didefinisikan sebagai berlari dengan kecepatan kurang dari 6 mil per jam (mph). Jogging adalah salah satu bentuk latihan aerobik tertua

Jogging sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun banyak orang memilih untuk jogging di pagi hari. Tujuan utama jogging adalah untuk mempertahankan tempo gerakan tanpa menyebabkan banyak ketegangan pada tubuh. Ada banyak manfaat jogging pagi yang bisa didapat.

Udara pagi yang masih segar dan ringan dari polusi membuat manfaat jogging pagi makin menyehatkan. Manfaat jogging pagi dapat memengaruhi kualitas tidur, mood, hingga mencegah risiko penyakit kronis. Manfaat jogging pagi bisa dilakukan setiap hari paling tidak 12 menit.

Jogging di luar ruangan di sisi lain membuat tubuh tetap terhubung dengan alam. Manfaat jogging pagi yang paling penting adalah mendapatkan udara segar, cukup istirahat, dan bisa membakar lebih banyak lemak.

Berikut 10 manfaat jogging pagi yang berhasil

1.Tidur nyenyak di malam hari.
Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan di pagi hari seperti jogging akan membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak di pagi hari. Dilansir dari Livestrong, sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Vascular Health and Risk Management, menemukan bahwa olahraga pagi berkontribusi pada lebih banyak waktu dalam tidur nyenyak daripada olahraga sore atau malam hari.
Studi lain, yang diterbitkan dalam Sleep Medicine edisi 2017, menunjukkan bahwa olahraga pagi hari tampaknya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur bagi orang-orang yang kesulitan tidur.

2.Tingkatkan energi
Olahraga di pagi hari mampu meningkatkan stamina untuk menjalani aktivitas seharian. Manfaat jogging di pagi hari bisa membuat otak lebih fokus dengan energi yang lebih tinggi dihasilkan. Ketika joging, tubuh melepaskan hormon yang disebut endorfin yang membantu mengangkat semangat dan membuat Anda merasa positif pada diri sendiri. Ini membuat Anda akan merasa tenang dan segar sesaat setelah jogging.

3.Turunkan tekanan darah
Olahraga ringan seperti jogging, aman dilakukan bagi penderita hipertensi. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari berkontribusi terhadap penurunan yang lebih besar pada tekanan darah diastolik malam hari.

4.Jogging membantu menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Salah satu mekanisme yang diaktifkan saat jogging adalah menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dalam darah yang mendukung penurunan tekanan darah.

5.Kuatkan kekebalan tubuh
Olahraga ringan seperti jogging, memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Ini berlaku untuk kedua penyakit jangka pendek, seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang, seperti diabetes. Jogging menghilangkan kelelahan, meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan membangun kekebalan.

6.Bantu penurunan berat badan
Berjalan, jalan-jalan, jogging, dan berlari, semuanya meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah obesitas. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa berolahraga selama 45 menit di pagi hari menurunkan nafsu makan yang dapat mencegah makan berlebihan.

7.Cegah stres
Dilansir dari Healthline, sebuah tinjauan studi tahun 2013 menemukan bahwa latihan aerobik, seperti jogging, berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres. Jogging mampu menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan tubuh sebagai respons terhadap stres.

8.Kuatkan tulang
Manfaat jogging pagi lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Jogging memperkuat tulang dan mencegah trauma dan cedera tulang. Ini meningkatkan ketebalan tulang dan menangkal masalah seperti osteoporosis, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Jogging juga membuat tulang pinggul dan tulang belakang lebih kuat.

8..Bangun otot
Jogging membantu tubuh menjadi lebih kencang dan kuat. Jogging bekerja pada otot-otot besar dan mengembangkannya. Ini bagus untuk otot paha belakang, betis, otot gluteal, dan otot penting lainnya. Jogging atau berlari juga menjaga ukuran dan fleksibilitas otot dan persendian.

9..Baik untuk jantung
Jogging adalah latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Jogging di pagi hari mencegah masalah jantung dan penyakit lainnya.
Jogging memastikan bahwa darah dipompa lebih cepat ke jantung dan dengan demikian, menjaga tekanan darah tetap stabil. Kolesterol dan kadar glukosa darah juga terkendali berkat jogging pagi yang rutin.

10.Baik untuk sistem pernapasan
Seperti latihan aerobik lainnya, jogging meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot sistem pernapasan. Ini memastikan bahwa paru-paru mengambil lebih banyak oksigen dan secara efisien menghilangkan karbon dioksida.

Jogging, dengan demikian, meningkatkan daya tahan otot-otot pernapasan. Udara yang masih segar di pagi hari menjadi manfaat lebih dari jogging. Jogging di pagi hari masih jauh dari polusi udara yang mengganggu pernapasan







Screenshot_2021_0723_074717.png


ON Pagi Tadi
Layan Bukit​



Screenshot_2021_0722_073949.png
Screenshot_2021_0722_074028.png


Layan Easy Run Pagi Tadi​

Screenshot_2021_0719_080924.png


Menyahut Seruan TT @Jedi Joging 😁

Screenshot_2021_0718_080843.png
Screenshot_2021_0718_080912.png


Selesai Joging Luar Rumah Pagi Tadi​
Screenshot_2021_0722_103419.png


Ni cek semalam
Pakai penimbang digital


body-fat-percentage-men.jpg


Ikut gambar ni je bang
Dapat bawah 15% tu cantik dah​

ni dlm diet aku masa nak turunkan berat

pagi
1-Roti wholemeal 2 keping + telur separuh masak 2 biji
2-Oat + fresh milk

tgh hari
makan mcm biasa tp nasi mmg dr dulu aku tak ambil banyak separuh or suku saja
tapi aku banyak ambil ayam bakar dgn ulam

malam
1-aku ambil meal replacement biasa aku beli vitallean
2-sup or tomyam ayam ke daging ke
3-buah


So kalau 3 bln aku diet 3 bln la cara aku mkn mcm kat atas.
cheat day biasa 2 mggu sekali (tp dlm sehari sekali je contoh ambik waktu tgh hari bkn the whole day bedal)
so kat sini la aku check akunye body fat turun ke tak biasa check mata je kat area dada and ribs aku
klu tgh off area chest dgn ribs aku tak nampak tulang la haha.
kalau tak diet nasi still separuh or suku, tgh hari tak banyak beza cuma pg dgn mlm je besa sikit
maybe aku bedal nasi lemak or kuih. kadang tak sarap pun

mcm aku aku tak kejar sangat nak turun ke apa. Goal cuma nak maintence berat badan dlm range 68-70KG
contoh da ke laut aku akan monitor berat badan aku je kalau lebih 73kg aku akan turunkan balik.

Paling penting
Visceral fat tu rendah bang
Walaupun kurus tapi visceral fat tinggi
Bahaya
Lemak yang menyeliputi organ² dalaman macam hati

aku sekali je pernah ukur yg ade bodyfat masa join lari dekat time square.
ada booth jenama tak ingat die bawak penimbang siap semua die kire rege dlm 14k.
mmg result die umur condition badan pun ada, mmg mudah 16 tahun haha.
member aku yg jarang senam umur badan 60 tahun.

lepas dr tu bila aku buang manis berat tak turun tp bodyfat turun.
mcm mana aku tau? aku perhati dekat area chest and tulang rangka.
mmg nampak tulang haha, tp paling susah perut sampai skarang tak berjaya kempiskan huhu


Untuk permulaan bang
Jantung kita dah dibahagikan ikut Zone
Untuk riadah biasa
Zone 2 dan 3 dah memadai
Untuk kekalkan stamina

Formula yang selalu di pakai
Maximum Heart Rate (HR) = 220-umur
Contoh umur 40
Jadi 220 - 40 = 180
Jadi Max HR 180

Kalau pakai smart watch
Memang akan di kira siap² dah dalam apps range setiap zone HR kita
Kalau nak kira manual
Boleh cek je dekat Google
Masukkan nilai² yang diperlukan
Nanti kita tahu la range HR yang sesuai untuk kita lari


Saya bukan pakar tapi melalui pembacaan dan perkongsian otai² di page² running
Heart Rate Zone ni macam level HR kita masa buat sesuatu aktiviti

Z1 - Recovery
Ni sesuai di buat lepas habis speed work atau long run
Pada level ni, jantung hanya bekerja dengan kadar rendah je
Ni macam jalan kaki la

Z2 - Aerobic
Ni la paling disarankan buat sebab bagus untuk bina kekuatan jantung supaya lagi lama boleh bertahan buat aktiviti/tak cepat penat
Zone ni jugak paling efektif untuk bakar lemak
Jadi siapa yang nak kurus dan buang lemak
Teruskan larian/jogging pada zone ni

Z3 - Anaerobic
Zone ni up sikit dari Aerobic
Larian ni bagus untuk mantapkan jantung jugak
Dalam kiraan 80% Zone 2 20% Zone 3

Z4 - Threshold
Zone ni sesuai untuk tingkatkan kekuatan jantung untuk tahan dengan instensiti tinggi
Tempo run biasa dibuat dalam Zone ni

Z5 - VO2 Max
Zone ni biasa nya dibuat sekali sekala
Kita akan push selaju mungkin berlari
Ini boleh naikkan tahap VO2Max kita
Ni jangan selalu dibuat
Bahaya
Boleh terkena cardiact arreast

Gitu la secara mudah nya


Screenshot_2021_0727_073818.png
Screenshot_2021_0727_073902.png


Saja cek berat
Masih dalam range 64-65 kg


Screenshot_2021_0801_075512.png

Kad Laporan Julai
Tak Capai KPI 100KM
PKPD
Cucuk Vaksin 1st & 2nd Dose

Ogos Kita Ejas

FB_IMG_1627699540306.jpg


Kenangan join event KLSCM VR 2020​


Screenshot_2021_0728_072848.png
Screenshot_2021_0728_072932.png

Screenshot_2021_0728_073016.png


Santai² Pagi Tadi
Laju Sikit Daripada Semalam
HR Lebih Stabil
Resting HR 48

82B20E6C-C8B3-458C-8F47-951C2C0C8530.png
512318FB-3D34-47C9-9AD1-E8A273847852.png

percubaan ke 2. Terima kasih ye tuan @TXT bagi tips.

kalau yang ni ok ke Amazfit BIP U Pro Fitness Smartwatch?

stratos dalam os macam tak de.

e0d30c2489b8d06b3b3f731f86782c7c.jpg



Amazfit Stratos V1 saya.
Dah pakai hampir 4 tahun.
Battery steady lagi.
Screen protector calar balar sebab pakai jam masa berkebun 😝
FA54CD95-7F2C-47A5-8331-B3BBD7586169.jpeg
 
Last edited:
Sponsored Post

TXT

CG Super Hardcore Club
Paid Membership
Top Poster #1
Joined
Mar 15, 2010
Messages
318,479
Reaction score
15,618
Points
2,376
Pagi ni saja nak kongsi bacaan dari sebuah laman web dari Indonesia..berkaitan kelebihan berjogging semoga dapat kongsi manfaatnya..

Jom jogging..

Jogging sering didefinisikan sebagai berlari dengan kecepatan kurang dari 6 mil per jam (mph). Jogging adalah salah satu bentuk latihan aerobik tertua

Jogging sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun banyak orang memilih untuk jogging di pagi hari. Tujuan utama jogging adalah untuk mempertahankan tempo gerakan tanpa menyebabkan banyak ketegangan pada tubuh. Ada banyak manfaat jogging pagi yang bisa didapat.

Udara pagi yang masih segar dan ringan dari polusi membuat manfaat jogging pagi makin menyehatkan. Manfaat jogging pagi dapat memengaruhi kualitas tidur, mood, hingga mencegah risiko penyakit kronis. Manfaat jogging pagi bisa dilakukan setiap hari paling tidak 12 menit.

Jogging di luar ruangan di sisi lain membuat tubuh tetap terhubung dengan alam. Manfaat jogging pagi yang paling penting adalah mendapatkan udara segar, cukup istirahat, dan bisa membakar lebih banyak lemak.

Berikut 10 manfaat jogging pagi yang berhasil

1.Tidur nyenyak di malam hari.
Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan di pagi hari seperti jogging akan membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak di pagi hari. Dilansir dari Livestrong, sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Vascular Health and Risk Management, menemukan bahwa olahraga pagi berkontribusi pada lebih banyak waktu dalam tidur nyenyak daripada olahraga sore atau malam hari.
Studi lain, yang diterbitkan dalam Sleep Medicine edisi 2017, menunjukkan bahwa olahraga pagi hari tampaknya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur bagi orang-orang yang kesulitan tidur.

2.Tingkatkan energi
Olahraga di pagi hari mampu meningkatkan stamina untuk menjalani aktivitas seharian. Manfaat jogging di pagi hari bisa membuat otak lebih fokus dengan energi yang lebih tinggi dihasilkan. Ketika joging, tubuh melepaskan hormon yang disebut endorfin yang membantu mengangkat semangat dan membuat Anda merasa positif pada diri sendiri. Ini membuat Anda akan merasa tenang dan segar sesaat setelah jogging.

3.Turunkan tekanan darah
Olahraga ringan seperti jogging, aman dilakukan bagi penderita hipertensi. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari berkontribusi terhadap penurunan yang lebih besar pada tekanan darah diastolik malam hari.

4.Jogging membantu menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Salah satu mekanisme yang diaktifkan saat jogging adalah menurunkan LDL atau "kolesterol jahat" dalam darah yang mendukung penurunan tekanan darah.

5.Kuatkan kekebalan tubuh
Olahraga ringan seperti jogging, memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Ini berlaku untuk kedua penyakit jangka pendek, seperti infeksi saluran pernapasan atas, dan penyakit jangka panjang, seperti diabetes. Jogging menghilangkan kelelahan, meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh dan membangun kekebalan.

6.Bantu penurunan berat badan
Berjalan, jalan-jalan, jogging, dan berlari, semuanya meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah obesitas. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa berolahraga selama 45 menit di pagi hari menurunkan nafsu makan yang dapat mencegah makan berlebihan.

7.Cegah stres
Dilansir dari Healthline, sebuah tinjauan studi tahun 2013 menemukan bahwa latihan aerobik, seperti jogging, berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres. Jogging mampu menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan tubuh sebagai respons terhadap stres.

8.Kuatkan tulang
Manfaat jogging pagi lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Jogging memperkuat tulang dan mencegah trauma dan cedera tulang. Ini meningkatkan ketebalan tulang dan menangkal masalah seperti osteoporosis, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Jogging juga membuat tulang pinggul dan tulang belakang lebih kuat.

8..Bangun otot
Jogging membantu tubuh menjadi lebih kencang dan kuat. Jogging bekerja pada otot-otot besar dan mengembangkannya. Ini bagus untuk otot paha belakang, betis, otot gluteal, dan otot penting lainnya. Jogging atau berlari juga menjaga ukuran dan fleksibilitas otot dan persendian.

9..Baik untuk jantung
Jogging adalah latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Jogging di pagi hari mencegah masalah jantung dan penyakit lainnya.
Jogging memastikan bahwa darah dipompa lebih cepat ke jantung dan dengan demikian, menjaga tekanan darah tetap stabil. Kolesterol dan kadar glukosa darah juga terkendali berkat jogging pagi yang rutin.

10.Baik untuk sistem pernapasan
Seperti latihan aerobik lainnya, jogging meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot sistem pernapasan. Ini memastikan bahwa paru-paru mengambil lebih banyak oksigen dan secara efisien menghilangkan karbon dioksida.

Jogging, dengan demikian, meningkatkan daya tahan otot-otot pernapasan. Udara yang masih segar di pagi hari menjadi manfaat lebih dari jogging. Jogging di pagi hari masih jauh dari polusi udara yang mengganggu pernapasan

Nanti boleh share kelebihan joging dekat thread ni pulak 😁

Thread 'CG Running Club'

 

FAUZEY_FX

Passed Away
Joined
Nov 13, 2010
Messages
20,671
Reaction score
840
Points
171
jogging bagus utk kesihatan.. aku dh lama x jogging sbb malas punye pasal..haha
 

Jedi

CG Top Poster Club
Paid Membership
Joined
Feb 15, 2009
Messages
44,712
Reaction score
2,399
Points
201
Nanti boleh share kelebihan joging dekat thread ni pulak 😁

Thread 'CG Running Club'


Thread hilang 🤭
 

dloanman

CG Top Poster Club
Joined
Apr 15, 2012
Messages
30,204
Reaction score
2,250
Points
206
tapi mcm den yg ado mslh obesiti, joging ni kasi stress kek sendi2 kaki spt tumit, buku lali & lutut, jadi doktor koba den elok jalan kaki laju ajo & kayuh bskl.

mlsh skg pkpd dh over tapi kwsn den shah alam dah boleh kayuh basikal @ senam outdoor?

den nk senam ni....
 

TXT

CG Super Hardcore Club
Paid Membership
Top Poster #1
Joined
Mar 15, 2010
Messages
318,479
Reaction score
15,618
Points
2,376
tapi mcm den yg ado mslh obesiti, joging ni kasi stress kek sendi2 kaki spt tumit, buku lali & lutut, jadi doktor koba den elok jalan kaki laju ajo & kayuh bskl.

mlsh skg pkpd dh over tapi kwsn den shah alam dah boleh kayuh basikal @ senam outdoor?

den nk senam ni....

Jalan laju pun ok jang
Janji keluar peluh
 

Jedi

CG Top Poster Club
Paid Membership
Joined
Feb 15, 2009
Messages
44,712
Reaction score
2,399
Points
201
tapi mcm den yg ado mslh obesiti, joging ni kasi stress kek sendi2 kaki spt tumit, buku lali & lutut, jadi doktor koba den elok jalan kaki laju ajo & kayuh bskl.

mlsh skg pkpd dh over tapi kwsn den shah alam dah boleh kayuh basikal @ senam outdoor?

den nk senam ni....

Jogging ni kardio.

Paling penting untuk pengaliran darah, jantung tu pam darah.

Kalau nak kurus, puasa jer :ROFLMAO:

Atau stop makan karbohidrat; nasi, mee, bihun, roti etc.

Aku ni sembang jer...aku pun susah nak stop bila lapar :ROFLMAO:

Dulu pernah stop makan nasi...terus tak mengidam langsung.



Jalan kaki dalam rumah pun boleh.

Try sejam...2 jam.

Dari pagar rumah sampai ke dapur.

Kat laman (kalau ada)

Masuk bilik...keluar bilik.

Pasang lagu atau sambil main phone.
 

dloanman

CG Top Poster Club
Joined
Apr 15, 2012
Messages
30,204
Reaction score
2,250
Points
206
Jogging ni kardio.

Paling penting untuk pengaliran darah, jantung tu pam darah.

Kalau nak kurus, puasa jer :ROFLMAO:

Atau stop makan karbohidrat; nasi, mee, bihun, roti etc.

Aku ni sembang jer...aku pun susah nak stop bila lapar :ROFLMAO:

Dulu pernah stop makan nasi...terus tak mengidam langsung.

nasi x blh stop jang, menggigil badan sampai ke tangan teketor2 klu x mkn nasik.... den dh try tapi x bleh...

pagi tadi 730am dh sarapan kuih 2 biji & telor 2 biji & kopi O xdo gulo, skg 1030am dah lapar sgt2 raso nk mkn nasik ajo
 
Sponsored Post

CG Sponsors




Top
Log in Register