lagi kata2 ulama ttg adernyer bid'ah hasanah dlm perkara2 syarak...
~~~~~~~~~~~~
mgkn rmi yg akan buat andaian bhw definisi di atas hanya digunakan ke oleh Ibnu Taimiyah atas perkara2 duniawi semata, ttp hakikatnyer x, spt cth yg diberikan di bwh...
- مجموع فتاوى ابن تيمية, Ibnu Taimiyyah...
"...وكل بدعة ليست واجبة ولا مستحبة فهى بدعة سيئة, وهى ضلالة باتفاق المسلمين,
ومن قال فى بعض البدع انها بدعة حسنة فإنما ذلك اذا قام دليل شرعى أنها مستحبة ..."
"...Dan setiap bidah yang bukan wajib atau mustahab, maka itu adalah bidah sayyiah, itu adalah sesat dengan kesepakatan kaum muslimin.....
Dan siapa yang mengatakan pada sebagian bidah bahwa itu bidah hasanah, maka hal itu jika ada dalil syarinya bahwa itu mustahab..."
ulasan...
sepkt para ulama bhw amalan bid'ah yg bkn wajib atau mustahab, maka ia aderlah bid'ah yg dholalah...
manakala jika para ulama mengatakan sesuatu amalan sbg bid'ah hasanah, bermaksud ader dalil syarak membenarkannyer maka ia mustahab...
- الاختيارات الفقهية, Ibnu Taimiyyah...
"...وأما ما سوى التأذين قبل الفجر من تسبيح ونشيد ورفع الصوت بدعاء ونحو ذلك في المآذن فهذا ليس بمسنون عند الأئمة
بل قد ذكر طائفة من أصحاب مالك والشافعي وأحمد: أنَّ هذا من جملة البدع المكروهة
ولم يقم دليل شرعي على استحبابه ولا حدث سبب يقتضي أحداثه حتى يقال أنه مِن البدع اللغوية التي دلت الشريعة على استحبابها ..."
"...Adapun selain adzan sebelum fajar seperti tasbih, nasyid, mengangkat suara dengan doa dan semisalnya di tempat-tempat adzan, maka ini bukanlah sunnah menurut para imam...
bahkan sungguh telah menyebutkan sekelompok ulama Malikiyyah, Syafiiyyah dan Hanbaliyyah bahwa ini termasuk bidah makruhah dan tidak ada dalil syarak yang menunjukkan ia digalakkan...
tidak pula ada sebab yang mewajibkan perlaksanaannya untuk dikatakan termasuk dalam bidah lughowiyyah (segi bahasa) dimana syariat membenarkan perlaksanaannya..."
ulasan...
Ibn Taimiyah sendiri mengakui bhw terdptnya bid'ah yg makruh dlm mazhab Syafie, Maliki & Hambali, bermaksud bid'ah x blh secara automatik dianggap sbgi haram...
menurut Ibnu Taimiyyah sendiri jg bhw terdpt bid'ah yg wajib dilaksanakan maka ia sepatutnyer dipanggil bid'ah lughowiyah & bkn bid'ah dholalah...
~~~~~~~~~~~~
mgkn rmi yg akan buat andaian bhw definisi di atas hanya digunakan ke oleh Ibnu Taimiyah atas perkara2 duniawi semata, ttp hakikatnyer x, spt cth yg diberikan di bwh...
- اقتضاء الصراط المستقيم مخالفة أصحاب الجحيم, Ibnu Taimiyyah...
"...فتعظيم المولد واتخاذه موسماً قد يفعله بعض الناس ويكون له فيه أجر عظيم لحسن قصده وتعظيمه لرسول الله صلّىالله عليه وسلّم..."
"Mengagungkan maulid Nabi dan menjadikannya sebagai acara rutin yang dilakukan oleh sebagian orang akan mendapat pahala besar karena kebaikan niatnya dan pengagungannya pada Rasulullah"
- اقتضاء الصراط المستقيم مخالفة أصحاب الجحيم, Ibnu Taimiyyah...
"...قد يُثاب بعض الناس على فعل المولد ، وكذلك ما يحدثه بعض الناس إما مضاهاة للنصارى في ميلاد عيسى عليه السلام وإما محبة للنبي صلّىالله عليه وسلّم وتعظيما له ، والله قد يثيبهم على هذه المحبة والاجتهاد لا على البدع..."
"Sebagian manusia mendapat pahala karena merayakan maulid Nabi. Mengadakan suatu hal baru ini mungkin meniru kaum Nasrani dalam merayakan kelahiran Nabi Isa atau karena kecintaan pada Nabi dan mengagungkannya. Allah akan memberi pahala atas kecintaan dan ijtihad ini, tidak atas bidahnya"
- مجموع فتاوى ابن تيمية, Ibnu Taimiyyah...
"ووَسُئِلَ عن رجل ينكر على أهل الذكر يقول لهم: هذا الذكر بدعة وجهركم فى الذكر بدعة، وهم يفتتحون بالقرآن ويختتمون، ثم يدعون للمسلمين الأحياء والأموات، ويجمعون التسبيح والتحميد والتهليل والتكبير والحوقلة، ويصلون على النبى صلى الله عليه وسلم، والمنكر يعمل السماع مرات بالتصفيق، ويبطل الذكر فى وقت عمل السماع؟
فأجاب:
الاجتماع لذكر الله، واستماع كتابه، والدعاء عمل صالح وهو من أفضل القربات والعبادات فى الأوقات. ففى الصحيح عن/ النبى صلى الله عليه وسلم أنه قال: (إن للَّه ملائكة سياحين فى الأرض، فإذا مروا بقوم يذكرون الله، تنادوا هلموا إلى حاجتكم) وذكر الحديث، وفيه (وجدناهم يسبحونك ويحمدونك). لكن ينبغى أن يكون هذا أحياناً فى بعض الأوقات، والأمكنة، فلا يجعل سنة راتبة يحافظ عليها إلا ما سن رسول الله صلى الله عليه وسلم المداومة عليه فى الجماعات: من الصلوات الخمس فى الجماعات، ومن الجمعات، والأعياد، ونحو ذلك.
وأما محافظة الإنسان على أوراد له من الصلاة، أو القراءة، أو الذكر، أو الدعاء، طرفى النهار وزلفاً من الليل، وغير ذلك، فهذا سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم والصالحين من عباد الله قديما وحديثاً، فما سن عمله على وجه الاجتماع كالمكتوبات، فعل كذلك. وما سن المداومة عليه على وجه الانفراد من الأوراد، عمل كذلك، كما كان الصحابة ـ رضى الله عنهم ـ يجتمعون أحياناً، يأمرون أحدهم يقرأ، والباقون يستمعون. وكان عمر بن الخطاب يقول: يا أبا موسى ذكرنا ربنا، فيقرأ وهم يستمعون، وكان من الصحابة من يقول: اجلسوا بنا نؤمن ساعة، وصلى النبى صلى الله عليه وسلم بأصحابه التطوع فى جماعة مرات، وخرج على الصحابة من أهل الصفة، وفيهم قارئ يقرأ، فجلس معهم يستمع.
/وما يحصل عند السماع والذكر المشروع من وجل القلب، ودمع العين، واقشعرار الجسوم، فهذا أفضل الأحوال التى نطق بها الكتاب والسنة.
وأما الاضطراب الشديد، والغشى والموت والصيحات، فهذا إن كان صاحبه مغلوبا عليه، لم يُلَم عليه، كما قد كان يكون فى التابعين ومن بعدهم. فإن منشأه قوة الوارد على القلب مع ضعف القلب. والقوة، والتمكن أفضل، كما هو حال النبى صلى الله عليه وسلم والصحابة، وأما السكون، قسوة وجفاء، فهذا مذموم لا خير فيه.
وأما ما ذكر من السماع، فالمشروع الذى تصلح به القلوب، ويكون وسيلتها إلى ربها بصلة ما بينه وبينها، هو سماع كتاب الله الذى هو سماع خيار هذه الأمة، لاسيما وقد قال صلى الله عليه وسلم: (ليس منا من لم يتغن بالقرآن) وقال: (زَيِّنوا القرآن بأصواتكم) وهو السماع الممدوح فى الكتاب والسنة. لكن لما نسى بعض الأمة حظاً من هذا السماع الذى ذكروا به، ألقى بينهم العداوة والبغضاء، فأحدث قوم سماع القصائد والتصفيق والغناء مضاهاة لما ذمه الله من المكاء والتصدية، والمشابهة لما ابتدعه النصارى. وقابلهم قوم قست قلوبهم عن ذكر الله، وما نزل من الحق، وقست قلوبهم فهى كالحجارة أو أشد قسوة مضاهاة لما عابه الله على اليهود. والدين الوسط هو ما عليه خيار هذه الأمة قديماً وحديثاً. والله أعلم"
"Ibnu Taimiyah ditanya tentang seorang laki-laki yang mengingkari ahli dzikir, dimana ia memprotes ahli dzikir (berjamaah) Ini dzikir bidah dan menyaringkan suara didalam dzikir kalian juga bidah. Mereka (ahli dzikir) memulai dan menutup dzikirnya dengan membaca al-Quran, kemudian mereka berdoa untuk kaum muslimin yang hidup maupun yang sudah wafat, mereka mengumpulkan antara bacaan tasybih, tahmid, tahlil, takbir, hawqalah (Laa Hawla wa Laa Quwwata Ilaa Billah), mereka juga bershalawat kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam.
Jawab: Berkumpul untuk dzikir kepada Allah, mendengarkan Kitabullah dan doa merupakan amal shalih, dan itu termasuk dari paling utamanya qurubat (amal mendekatkan diri kepada Allah) dan paling utamanya ibadah-ibadah pada setiap waktu, didalam hadits Shahih dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda : Sesungguhnya Allah memiliki malaikat yang selalu bepergian di bumi, ketika mereka melewati sebuah kaum (perkumpulan) yang berdzikir kepada Allah, mereka (para malaikat) berseru : Silahkan sampaikan hajat kalian. Dan disebutkan di dalam hadits tersebut, terdapat redaksi Dan kami menemukan mereka bertasbih kepada-Mu dan bertahmid memuji-Mu, akan tetapi selayaknya hal ini di hidupkan kapan saja dan dimana saja, tidak dijadikan sebagai sunnah ratibah yang dirutinkan kecuali apa yang disunnahkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang berketerusan dalam jamaah seperti shalat 5 waktu (dilakukan) dalam jamaah, hari raya dan semisalnya. Adapun umat Islam memelihara rutinitas wirid-wirid baginya seperti shalawat atau membaca al-Quran, atau mengingat Allah atau doa pada seluruh siang dan sebagian malam atau pada waktu lainnya, maka hal ini merupakan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, orang-orang shalih dari hamba-hamba Allah sebelumnya dan sekarang"
ulasan...
dgn jls Ibnu Taimiyah mengatakan bhw sambutan maulidur rasul akan mendpt pahala yg bsr krn kebaikan niat & mengagungkan Nabi Muhammad SAW...
begitu jg berzikir dgn mengadakan majlis tahlil, Ibnu Taimiyah sedikit pon x menyentuh ttg bid'ah dholalah dlm hal ini...
jd persoalannyer aderkah amalan2 di atas berkaitan dgn dunia shj atau berkaitan dgn agama jg??? aper pon jwbannyer, Ibnu Taimiyah sama sekali x mengatakan ia aderlah bid'ah dholalah...