BTC USD 59,365.9 Gold USD 2,411.44
Time now: Jun 1, 12:00 AM

Sumpah pocong kerana berebut lembu

dloanman

CG Top Poster Club
gem
Messages
39,210
Joined
Apr 15, 2012
Messages
39,210
Reaction score
3,748
Points
266
Awards
1
Sumpah%2BPocong%2BMasih%2BSering%2BTerjadi.jpg


Gara-gara seekor lembu, dua penduduk daerah Jeneponto, Sulawesi Selatan terpaksa melakukan sumpah pocong.

Haiwan tersebut ditemui berkeliaran di kawasan sawah Dusun Parangbaji, Desa Camba-camba, Kecamatan Kelara yang kemudiannya dibawa ke balai polis Sektor Kelara.

Beberapa hari selepas itu, Johari dan Juddin dari Mapolsek Kelara datang ke balai terbabit dan mendakwa diri masing-masing pemilik lembu terbabit.

Berikutan gagal menemui jalan penyelesaian, kedua-duanya bersetuju melakukan sumpah pocong yang dipimpin Abdul Kadir Tompo dimulakan dengan sumpah perempuan, Johari, 40, penduduk Dusun Bontotene, Desa Pallantikang, Kecamatan Arungkeke yang dibungkus dengan kain kafan.

Sumpah sama turut dilakukan Juddin, 29, penduduk Lingkungan Saroppo, Kelurahan Tolo Selatan, Kecamatan Kelara.

"Kedua-duanya enggan mengalah dan gagal mengemukakan bukti hingga memaksa sumpah pocong dilakukan," kata Abdul Kadir.

Menurut penduduk setempat, sumpah pocong itu adalah pertama kali dilakukan.

"Seumur hidup saya, ini adalah kali pertama saya melihat sumpah pocong. Sebelum ini, saya hanya melihatnya di televisyen," kata seorang penduduk, Hadariah. - Kompas.com

===============

Maksud Sumpah pocong
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_pocong


Sumpah pocong adalah sumpah yang dilakukan oleh seseorang dalam keadaan terbalut kain kafan seperti layaknya orang yang telah meninggal (pocong). Sumpah ini tak jarang dipraktikkan dengan tata cara yang berbeda, misalnya pelaku sumpah tidak dipocongi tetapi hanya dikerudungi kain kafan dengan posisi duduk.

Sumpah pocong biasanya dilakukan oleh pemeluk agama Islam dan dilengkapi dengan saksi dan dilakukan di rumah ibadah (mesjid). Di dalam hukum Islam sebenarnya tidak ada sumpah dengan mengenakan kain kafan seperti ini. Sumpah ini merupakan tradisi lokal yang masih kental menerapkan norma-norma adat. Sumpah ini dilakukan untuk membuktikan suatu tuduhan atau kasus yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bukti sama sekali. Konsekuensinya, apabila keterangan atau janjinya tidak benar, yang bersumpah diyakini mendapat hukuman atau laknat dari Tuhan.

 
Last edited:
Sponsored Post

Sponsored Post

Back
Top
Log in Register